Kawasan industri Pulo Gadung bakal disulap jadi seperti TMII

Kawasan industri Pulo Gadung bakal disulap jadi seperti TMII

Monday 27 June 2016

Kawasan industri Pulo Gadung bakal disulap jadi seperti TMII
Keong mas TMII. ©2012 Lintastoday
PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) akan menyewakan area industri dalam lingkungan kompleksnya untuk membina industri kreatif. Nantinya, kawasan yang terletak di daerah Pulo Gadung ini akan diisi mulai pembangunan pusat produk fesyen hingga Modern Halal Food alias makanan halal modern.

Direktur Utama JIEP, Rahmadi Nugroho mengatakan, dengan mengubah kawasan ini diharapkan daya saing produk Indonesia memiliki nilai tambah yang signifikan.

"Industri kreatif ini jangka panjang sifatnya, kita punya kawasan di tengah Jakarta, kawasan super mahal harus punya daya guna, nanti akan bentuk kawasan seperti central distrik. Sehingga memiliki hasil karya yang dahsyat," ujar dia di kantornya, Jakarta, Senin (27/6).

Menurutnya, kawasan yang berdiri di lahan 500 hektare ini juga akan menyerupai area objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sehingga diharapkan masyarakat dan wisatawan mancanegara dapat berkunjung ke kawasan Jakarta Timur ini.

"Nantinya juga kuliner ini dipusatkan dan masih banyak lagi, membentuk industri kreatif ruangnya tidak perlu luas," ungkapnya.

Direktur Keuangan JIEP, Sitta Rosdaniah menambahkan, kawasan industri di Pulo Gadung menyimpan potensi pengembangan kawasan sebesar Rp 50 triliun. Nantinya kavling di area ini akan disewakan untuk 20 tahun.

"Luas dari kawasan ini 500 hektare dengan minimal Rp 10 juta per meter, dengan kontrak lahan 5.000 meter persegi selama 20 tahun serta biaya pemeliharaan umum minimal Rp 54 juta per tahun untuk satu kavling," ucap dia.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?