Cegah terorisme, pengamanan HUT RI ke-71 turut libatkan Densus-88

Friday 12 August 2016

Cegah terorisme, pengamanan HUT RI ke-71 turut libatkan Densus-88

Cegah terorisme, pengamanan HUT RI ke-71 turut libatkan Densus-88
Densus 88. ©2012 Lintastoday
Mabes Polri memerintahkan seluruh jajaran kepolisian untuk terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama hari ulang tahun (HUT) RI ke-71, termasuk Detasemen Khusus 88 Antiteror. Perintah itu disampaikan langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian.

"Khusus dalam rangka kemerdekaan, intensitas kegiatan seluruh jajaran polri ditingkatkan, personel di mana saja dilibatkan diserahkan ke Kapolda di tiap daerah. Kapolri minta jajaran kepolisian agar ditingkatkan kewaspadaan, selain mengamankan masyarakat juga mengamankan lingkungan kita sendiri (kantor polisi)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Agus Riyanto di Humas Mabes Polri, Jakarta, Jumat (12/8).

Agus menambahkan, pelibatan Densus-88 untuk mencegah munculnya aksi teror di masyarakat. Apalagi, satuan elite kepolisian tersebut memiliki pengalaman dalam menghadapi terorisme di Indonesia.

"Pengalaman tahun sebelumnya menghadapi situasi perlu penindakan antisipasi. Teman-teman densus 88 sudah berupaya mengamankan gangguan Kamtibmas berupa teror," tegasnya.

Selain pelibatan seluruh aparat kepolisian, Agus berharap masyarakat juga berpartisipasi mengamankan lingkungannya masing-masing. Tanpa bantuan rakyat, polisi tak akan bisa melakukan tugasnya untuk melakukan pencegahan suatu tindak pidana.

"Yang pasti ini perlu kami sampaikan, peran serta masyarakat karena sebanyak apapun personel yang kita miliki kami yakin tidak akan mampu menjangkau tanpa dibantu peran serta masyarakat," tandasnya.

"Kami selalu berharap informasi sekecil apapun, pendalaman penelusuran lebih lanjut . Khusus dalam rangka memperingati kemerdekaan kami monitor tiap daerah dan pasti kita tingkatkan kekuatan di tiap wilayah. Bapak Kapolri memerintahkan ke para Kapolda agar meningkatkan kewaspadaan di tiap wilayahnya masing-masing," ujar Agus.

Selain itu, kata Agus, ancaman keamanan juga kerap terjadi di kantor-kantor kepolisian. Sebab itu pihaknya mengimbau kepada jajaran kepolisian, selain mengamankan masyarakat juga mengamankan pos-pos polisi.

"Tentunya para Kapolda sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dan paham hal itu. Mereka juga memerlukan arahan Bapak Kapolri," imbuhnya.

Terkait keamanan di Papua pada hari kemerdekaan RI ke-71, Agus menegaskan bahwa tidak hanya di Papua saja yang menjadi prioritas pengamanan.

"Setiap daerah juga diamankan, bukan hanya di Papua saja. Di wilayah lain juga menjadi perhatian kami. Ini agar tidak terjadi permasalahan (gangguan) di masyarakat," pungkasnya.

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon

© Copyright 2012-2016 LINTASTODAY. All rights reserved