Jokowi soal testimoni Fredi: Kenapa enggak diungkap dari dulu?

Jokowi soal testimoni Fredi: Kenapa enggak diungkap dari dulu?

Thursday 11 August 2016

Jokowi soal testimoni Fredi: Kenapa enggak diungkap dari dulu?
Jokowi. ©REUTERS/Darren Whiteside
Presiden Jokowi telah meminta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk mengusut tuntas kasus pencemaran nama baik sejumlah institusi negara atas pernyataan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar terkait pengakuan tereksekusi Freddi Budiman. Jokowi tak ingin ada pihak yang mengeluarkan pernyataan tanpa bukti.

"Ingat, peristiwa ini sudah lama kan 2012, kenapa enggak diungkap dari dulu?," tegas Jokowi usai membuka Kongres ke-3 Asosiasi Mahkamah Konstitusi dan Lembaga Sejenis se-Asia (the Association of Asian Constitutional Cours and Equivalent Institutions), di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/8).

Jokowi menuturkan, hingga saat ini Polri telah membentuk tim khusus untuk menelusuri kebenaran pernyataan Haris. Jokowi berharap tim khusus itu diisi oleh para ahli yang memiliki pengalaman mengungkap kasus serupa.

"Saya sudah sampaikan kepada Kapolri, siapa pun yang memiliki kapasitas untuk masuk dalam tim itu silakan. Semuanya ada di tim itu, semakin banyak pakar yang punya kemampuan untuk mengungkap itu silakan," jelas dia.

Kepada tim, Presiden meminta agar segera mengungkap kebenaran pernyataan Haris.

"Ditelusuri dan diproses kalau memang bener-bener sesuai dengan apa yang disampaikan," tukasnya.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon