Kapal nelayan di Pariaman tenggelam diterjang ombak

Kapal nelayan di Pariaman tenggelam diterjang ombak

Friday 12 August 2016

Kapal nelayan di Pariaman tenggelam diterjang ombak
Ilustrasi Kapal Tenggelam. ©2015 Lintastoday
Diterjang ombak tinggi, kapal nelayan tangkap ikan di Kota Pariaman, Sumatera Barat, tenggelam di sekitar perairan Pulau Kasiak, sekitar pukul 09.30 WIB, Jumat (12/8). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Korban selamat Zalinur (60) menjelaskan sebelum kapal karam sempat beberapa kali dihempas ombak tinggi disertai badai sehingga mesin robin kapal mati.

"Mesin kapal mati sebanyak dua kali, namun seringnya ombak yang menerjang kami sehingga kapal mengalami karam," ujar Zalinur, di Pariaman, dikutip dari Antara.

Sebelum para nelayan setempat datang membantu membawa ke daratan, Zalinur dan anaknya Roki (14) bergantung di kapal tersebut untuk menyelamatkan diri.

Warga di sekitar Pesisir Pantai Desa Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, yang melihat kejadian tersebut langsung datang membantu dengan menggunakan perahu nelayan dan berhasil membawa kedua nelayan ke daratan.

"Kapal yang karam tersebut ditarik oleh kapal nelayan lainnya untuk dibawa ke tepi pantai menggunakan tali karena mesinnya mati," ucap Zalinur.

Akibatnya, nelayan asal Desa Nareh tersebut menderita kerugian mencapai Rp 1 juta karena sebagian hasil tangkapannya hilang saat kapal karam.

"Selain tangkapan yang hilang, sejumlah papan kapal terlepas dan hilang, serta mesin robin juga rusak sehingga butuh biaya perbaikan," tambahnya.

Zalinur mengaku trauma akibat peristiwa tersebut. Namun ke depan dia tetap ke laut untuk menangkap ikan demi pemenuhan kebutuhan.

"Usaha kami sebagai masyarakat pesisir pantai pada umumnya hanya sebagai nelayan sehingga sangat bergantung kepada alam untuk memenuhi kebutuhan ekonomi meskipun cuaca buruk," tandas Zalinur.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon