KontraS minta video testimoni Fredi diungkap ke publik

Thursday 11 August 2016

KontraS minta video testimoni Fredi diungkap ke publik

KontraS minta video testimoni Fredi diungkap ke publik
Anak aktivis korban penculikan 98. ©2014 Lintastoday
Testimoni Fredi Budiman tak hanya dalam bentuk cerita, tetapi ada video yang direkam oleh salah seorang pejabat Kemenkum HAM. Koordinator KontraS Haris Azhar meminta agar video tersebut dibeberkan.

"Ya harusnya video itu dibuka ke publik," kata Haris kepada merdeka.com, Kamis (11/8).

Haris mengaku akan berkoordinasi dengan pihak Kemenkum HAM mengenai informasi video tersebut. Haris merupakan salah seorang yang sempat berbicara dengan Fredi pada 2014 lalu.

Kala itu, Fredi bercerita mengenai uang haramnya ke BNN Rp 450 miliar dan Rp 90 miliar ke pejabat di Mabes Polri. Selain itu, Fredi juga mengungkapkan pernah satu mobil dengan jenderal bintang dua TNI dari Medan ke Jakarta, sambil membawa narkoba.

Buntut dari ini Haris dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri karena dianggap melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Akhirnya penyelidikan terhadap Haris dihentikan sementara karena Polri ingin tim investigasi bentukannya fokus mencari fakta.

Merdeka.com telah menelusuri informasi tersebut. Saat ditemui sang perekam menolak memberikan video itu dengan alasan bisa menimbulkan fitnah dan harus ada izin dari pimpinan. Dia memilih menyimpan rapat-rapat barang tersebut.

"Disimpan di tempat aman, nanti 20-30 tahun lagi dibuka," katanya sambil berseloroh.

Permintaan agar diizinkan menonton video tersebut juga ditolak. Dia mengaku dalam rekaman kurang lebih berdurasi 30 menit itu hanya berisi cerita Fredi selama berada di tahanan. "Hanya dokumentasi biasa," ujarnya.

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon

© Copyright 2012-2016 LINTASTODAY. All rights reserved