Pengacara Jessica persoalkan saksi dapat rekaman CCTV Kafe Olivier

Wednesday 10 August 2016

Pengacara Jessica persoalkan saksi dapat rekaman CCTV Kafe Olivier

Pengacara Jessica persoalkan saksi dapat rekaman CCTV Kafe Olivier
Sidang Jessica. ©2016 Lintastoday
Penasihat hukum terdakwa Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan mempermasalahkan asal-usul rekaman CCTV yang diterima saksi ahli ketiga yang dihadirkan jaksa penuntut umum.

Dalam persidangan kesebelas itu, Otto Hasibuan yang merupakan ketua tim penasehat hukum Jessica meminta kejelasan pakar IT bernama Christopher Hariman Rianto.

"Saya tanya kepada saksi, dari mana saksi mendapatkan flash disk yang berisi rekaman CCTV itu? Apakah ada berita acara? Dimana dan siapa yang memberikan rekaman itu?" tanya Otto kepada Christopher.

"Saya dapat surat dan diminta untuk melalukan analisis. Rekaman diberikan oleh penyidik di kantor saya. Berita acara ada di penyidik," jawab Christopher.

"Ada surat keterangan yang mengatakan bukti penyerahan rekaman?" tanya Otto lagi.

"Ada, itu di penyidik," kata Christopher.

"Pas diserahin dijelasin asal usul rekaman itu?" tanya Otto.

"Di dalam sudah ada file dari penyidik Olivier. Tahunya dari penyidik saja. Karena memang bukan wewenang saya, saya hanya menerima," jelas Christopher.

"Tahu itu penyerahan flash disk ke berapa?" tanya Otto lagi.

"Saya enggak tahu, apakah yang saya pegang itu flash disk yang sama atau tidak dengan yang diberikan ke orang lain," ujarnya.

Tak hanya itu, Otto pun tampak mendesak saksi ahli untuk menjawab pertanyaannya tentang bisa atau tidaknya rekayasa gambar.

"Selama jadi ahli tahu enggak bisa ada rekayasa gambar? Sepanjang pengetahuan saksi saja," tanya Otto.

"Tentunya dengan metode-metode itu tidak terjadi dalam rekaman ini. Mohon izin. Ilmu-ilmu di luar konteks ini saya enggak bisa jawabnya," kata Christopher.

"Dalam kasus ini tidak ada indikasi perubahan-perubahan dalam rekaman itu. Tapi dalam kasus ini kalau ada perubahan warna mungkin saja terjadi," tambah Christopher.

Tak puas, Otto juga kembali menyatakan tak melihat dengan jelas penjelasan Christopher tentang pergerakan-pergerakan yang diungkapkan saksi. Saksi pun langsung meminta Otto untuk mendekati screen untuk memperjelasnya.

Otto mendekati screen bersama Christoper untuk membuktikan adanya perpindahan kopi di jam 16.33.11 ada kopi berpindah. Setelah itu Otto kembali duduk di balik meja penasihat hukum.

Kemudian Otto kembali menanyakan video menit ke 16. 29.50. Saksi pun kembali meminta Otto mendekati screen.

Setelah itu Otto pun kembali menuju kursinya. Dia pun berkomentar tidak melihat kesesuaian gambar dengan analisis yang dilakukan oleh Christopher.

"Saya tidak bisa melihat. Karena sudah tidak sanggup untuk melihatnya, jadi dari saya cukup kan saja. Silakan yang lain," kata Otto.

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon

© Copyright 2012-2016 LINTASTODAY. All rights reserved