Jokowi minta BUMN bangun infrastruktur di Namibia

Jokowi minta BUMN bangun infrastruktur di Namibia

Thursday 30 August 2018

Jokowi minta BUMN bangun infrastruktur di Namibia
Presiden Jokowi. ©2018 Lintastoday
Presiden Joko Widodo dan Presiden Namibia Hage Gottfried Geingob membahas peningkatan kerja sama kedua negara di Istana Kepresidenan Bogor. Ada tiga kerja sama yang disoroti.

Pertama, kerja sama di bidang infrastruktur. Presiden Jokowi mendorong Hage Gottfried untuk mendukung keterlibatan BUMN Indonesia dalam pembangunan infrastruktur Namibia.

Dia berharap, Hage Gottfried menandatangani kesepakatan kerja sama kedua negara dalam bidang infrastruktur saat perhelatan Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika pada 2019 mendatang.

"Saya mendorong partisipasi BUMN Indonesia, PT Wika dalam pembangunan infrastruktur di Namibia khususnya dalam pembangunan perumahan rakyat di Namibia bersama perusahaan Namibia," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di gedung utama Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/8).

Kerja sama lain yang dibahas yakni di bidang perdagangan. Jokowi mendorong Hage Gottfried untuk membuat roadmap yang jelas terkait kerja sama perdagangan kedua negara.

"Saya juga mengusulkan penurunan tarif bagi produk-produk kedua negara. Untuk itu Indonesia mengharapkan dukungan Namibia bagi dimulainya pembentukan PTA antara Indonesia dengan negara selatan Afrika," sambung Jokowi.

Kerja sama berikutnya di bidang industri strategis. Jokowi mengapresiasi delegasi Namibia yang akan berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung, pada Jumat (31/8) besok. Kunjungan delegasi Namibia diharapkan bisa meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang industri strategis di masa mendatang.

"Ketiga di bidang maritim dan perikanan. Saya mengajak Namibia untuk bekerja sama di bidang perikanan khususnya dalam upaya bersama memerangi ilegal fishing. Dan sebagaimana kita saksikan kerja sama tersebut telah disepakati dengan penandatanganan MOU terkait perikanan dan kelautan," jelas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan penghargaan atas dukungan Namibia saat pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020. Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum, Jumat (8/6).

Kunjungan Hage Gottfried ke Indonesia ini merupakan pertama kali setelah dilantik jadi Presiden Namibia. Indonesia-Namibia telah menjalin hubungan diplomatik sejak 13 Mei 1991.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon