Kalah pemilihan, Julie Bishop mundur dari jabatan Menlu Australia

Kalah pemilihan, Julie Bishop mundur dari jabatan Menlu Australia

Sunday 26 August 2018

Kalah pemilihan, Julie Bishop mundur dari jabatan Menlu Australia
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop. ©2018 Lintastoday
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengundurkan diri dari Kabinet Perdana Menteri baru Scott Morrison. Surat pengunduran diri Bishop diajukan dua hari setelah tersingkir di putaran pertama pemilihan kepemimpinan internal Partai Liberal.

Scott Morrison terpilih sebagai ketua Partai Liberal yang memerintah, dan otomatis, menjadikannya sebagai perdana menteri Australia yang baru, menggantikan Malcolm Turnbull yang mendapat mosi tidak percaya dari partai dan parlemen.

Bishop mengatakan akan melanjutkan tugasnya di parlemen setelah mundur dari jabatan. Dia juga mengaku belum mengambil keputusan apakah akan mengikuti pemilihan berikutnya pada Mei 2019 lalu.

"Saya akan tetap berada di parlemen sebagai suara terkuat untuk Australia Barat," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Minggu (26/8).

Keputusan Bishop diyakini akan memberi implikasi serius bagi pemerintahan Morrison, yang memiliki satu kursi dari mayoritas parlemen.

Sebagaimana diketahui, kemenangan Morrison dalam pemilihan ketua Partai Liberal terbilang cukup mengejutkan. Dalam pertarungan itu, Morrison berhasil mengalahkan dua lawannya yakni mantan Menteri Dalam Negeri Peter Duton dan Bishop.

Kemenangan Morrison diharapkan bisa menyelesaikan perpecahan di Partai Liberal menjelang pemilihan umum pada Mei 2019.

Sementara itu sang petahana, Perdana Menteri Malcolm Turnbull, memutuskan untuk tidak turut dalam pemilihan setelah kehilangan dukungan dari mayoritas anggota partai.

Partai Liberal adalah kelompok terbesar dalam koalisi kubu konservatif di Australia. Dalam sejumlah jajak pendapat yang digelar beberapa bulan terakhir, koalisi tersebut selalu tertinggal oleh kubu oposisi Partai Buruh.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon