Kemendag siapkan Rp 42 miliar revitalisasi Pasar Klewer

Kemendag siapkan Rp 42 miliar revitalisasi Pasar Klewer

Thursday 30 August 2018

Kemendag siapkan Rp 42 miliar revitalisasi Pasar Klewer
Pasar Klewer. ©2018 Lintastoday
Setelah lama tertunda, Pemerintah Kota Solo mendapatkan kepastian pembiayaan revitalisasi Pasar Klewer timur dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebesar Rp 42 miliar. Waktu yang relatif singkat ini akan digunakan untuk mempersiapkan realisasi program tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo optimistis, tahap pertama revitalisasi akan berjalan sesuai tenggat, meskipun waktunya relatif singkat. Untuk itu pihaknya akan segera menggelar lelang, agar tahapan selanjutnya bisa berjalan lancar.

"Untuk lelang kita butuh waktu sekitar 30 hari. Perkiraan pembangunannya bisa kita mulai akhir bulan September. Jadi kami masih memiliki waktu pengerjaan sekitar 90 hari," ujar Subagiyo, Kamis (30/8).

Subagiyo menerangkan, jika tender tahap pertama proyek revitalisasi selesai sesuai rencana, dia yakin sisa tahun anggaran (TA) 2018 yang berakhir Desember masih cukup untuk menuntaskan seluruh pekerjaan. Jika merujuk hitungan awal, lanjut dia, idealnya pengerjaan Pasar Klewer timur membutuhkan waktu sekitar 7 bulan.

"Itu hitungan didasarkan pada asumsi jam kerja selama 8 jam. Karena ini waktunya lebih singkat, maka kami akan meminta kontraktor pemenang lelang untuk menambah jam kerja menjadi 16 jam," imbuhnya.

Menurut Subagiyo, waktu pengerjaan proyek revitalisasi Pasar Klewer ini menjadi salah satu faktor krusial. Apalagi proyek tersebut sempat tertunda akibat tak adanya investor yang tertarik.

"Saat itu, lelang proyek yang berlangsung Oktober 2017 tidak dilirik kontraktor. Penyebabnya tenggat penyelesaian revitalisasi sudah dipatok akhir Desember 2017," katanya.

Subagiyo menambahkan, waktu proyek yang didanai pemerintah pusat, biasanya mendapat tambahan waktu 50 hari kerja, sesudah masa kontrak berakhir. Berdasar tersebut, pihaknya optimistis jika anggaran Rp 42 miliar sudah diterima, maka lelang bisa digelar secepatnya.

Kalau tahap pertama revitalisasi sudah berjalan, maka akhir tahun ini pihaknya tinggal menyelenggarakan lelang untuk pengerjaan tahap kedua.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon