Penduduk berharta Rp 14,7 M diprediksi tumbuh 10 persen tiap tahun

Penduduk berharta Rp 14,7 M diprediksi tumbuh 10 persen tiap tahun

Thursday 30 August 2018

Penduduk berharta Rp 14,7 M diprediksi tumbuh 10 persen tiap tahun
Co-founder Bareksa.com Karaniya. ©2018 Lintastoday
Populasi orang kaya Indonesia yang masuk kategori high net worth individuals (HNWI) atau orang yang memiliki aset finansial minimal USD 1 juta atau Rp 14,7 miliar (1 USD=Rp 14.703) diprediksi tumbuh 10 persen per tahunnya. Mengacu pada laporan Credit Suisse Research Institute pada akhir 2017 tercatat sebanyak 111.000 penduduk Indonesia masuk dalam kategori HNWI dengan aset di atas USD 1 juta.

Laporan serupa juga pernah disampaikan oleh Capgemini, Perusahaan Multinasional asal Perancis. Menurut data Capgemini, jumlah populasi masyarakat HNWI di Indonesia naik 13,7 persen pada 2016. Jumlah kekayaan HNWI Indonesia juga tumbuh 14,3 persen di 2016.

Co-founder Bareksa.com, Karaniya, mengatakan terdapat peluang pertumbuhan bagi industri financial technology (fintech) di segmen nasabah HNWI. "Selama ini ada stigma bahwa perusahaan teknologi di bidang keuangan hanya bisa memiliki segmentasi terbatas di masyarakat segmen menengah ke bawah atau middle low. Padahal, pertumbuhan populasi masyarakat menengah ke atas di Indonesia justru semakin meningkat," tuturnya di acara peluncuran Bareksa Prioritas, Jakarta, Kamis (30/8).

Maka dari itu, Bareksa saat ini mengincar peluang pengelolaan dana dari para orang kaya tersebut. "Jadi di sinilah kami melihat peluang untuk memfasillitasi akses mereka terhadap investasi, khususnya wealth management, yang terintegasi dengan teknologi digital dan internet," tutupnya.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon