Fredi Budiman sebut nama aparat dalam video testimoni?

Saturday 13 August 2016

Fredi Budiman sebut nama aparat dalam video testimoni?

Fredi Budiman sebut nama aparat dalam video testimoni?
Freddy Budiman. ©2016 Lintastoday
Video testimoni Fredi Budiman diambil H-1 sebelum sang terpidana mati dihadapkan ke regu tembak. Sejumlah cerita sempat diungkapkan oleh Fredi.

Fredi memakai baju gamis putih duduk bersila di atas karpet hijau. Fredi tampak tenang, sesekali melempar senyuman. Kala itu di tempat tunggu ruang isolasi. Sejumlah keluarga Fredi, kakak, ibu dan anaknya ada di sana.

Fredi mengungkapkan isinya. Sang gembong narkoba meminta maaf kepada keluarga, istri, anak dan masyarakat. Fredi menyampaikan sudah bertobat, hari-harinya selalu diisi dengan ibadah kepada Tuhan.

Selain itu, Fredi juga sempat bercerita soal jaringan narkoba di Indonesia yang semakin mengerikan. Apakah Fredi juga sempat menyebut identitas aparat?

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM Akbar Hadi saat dikonfirmasi membenarkan soal video tersebut. Menurutnya, rekaman diambil hanya untuk mendokumentasikan perubahan sikap dan sudah seizin Fredi.

"Tidak ada rekaman menyangkut kasus hukum, sudah seizin Fredi pengambilan gambarnya. Semoga bermanfaat buat narapidana lainnya," kata Akbar.

Akbar menegaskan tak ada tendensi tertentu dalam mengambil video itu. "Rekaman tak ada testimoni mengenai orang-orang tertentu. Murni testimoni untuk berubah," katanya.

Soal testimoni pertama kali diungkap oleh Koordinator KontraS Haris Azhar yang bertemu Fredi pada 2014 lalu. Ocehan Fredi ini membuat institusi Polri, BNN dan TNI kalang kabut.

Fredi menyebut memberi uang Rp 450 miliar ke BNN dan Rp 90 miliar ke pejabat di Mabes Polri. Selain itu Fredi juga mengaku semobil dengan jenderal bintang dua TNI sambil membawa narkoba.

Haris dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri karena dituding melanggar Undang-Undang ITE. Tapi belakang kasusnya dihentikan sementara karena Polri ingin tim bentukannya fokus mengumpulkan fakta.

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon

© Copyright 2012-2016 LINTASTODAY. All rights reserved