JK sebut Presiden Jokowi minta curhatan Fredi segera diungkap

Friday 12 August 2016

JK sebut Presiden Jokowi minta curhatan Fredi segera diungkap

JK sebut Presiden Jokowi minta curhatan Fredi segera diungkap
Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Bogor. ©2015 Lintastoday
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa sikap Presiden Joko Widodo sangat tegas dalam pemberantasan narkoba di Indonesia. Bahkan Presiden Jokowi minta curhatan Fredi Budiman harus segera diungkap agar publik mengetahui fakta-fakta yang terlibat dalam bisnis haram itu.

"Sikap presiden kan jelas. Ingin segera diungkap, kalau memang ada. Kalau tidak ada, bilang tidak ada. Kalau ada bilang ada. Dan itu harus jelas sisi hukumnya. Posisi presiden, pemerintah di situ," kata Jusuf Kalla di Kantornya, Jakarta, Jumat (12/8).

Selain itu, kata dia, saat ini tim independen yang dibentuk Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Mabes TNI sedang menelusuri curhatan Fredi Budiman. Meski membentuk tim independen, mereka tak bisa disatukan karena berbeda cara penanganan dan hukum internalnya.

"Karena perbedaan hukum juga kan. Satu polisi propam satu CPM. Tentu dua-duanya. Tidak mungkin CPM periksa polisi. Dan juga tidak mungkin Propam polisi periksa tentara," ungkapnya.

Seperti diketahui, Kementerian Hukum dan HAM mengaku memegang video testimoni terpidana mati Fredi Budiman. Rekaman video itu diambil saat Fredi berada di ruang isolasi.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM Akbar Hadi mengatakan, isi video testimoni itu terkait perubahan diri Fredi sebelum dieksekusi. Fredi, dalam video itu juga menyatakan permohonan maafnya.

"Video terkait perilaku perubahan Fredi semula terkenal pengedar, menceritakan yang dialami, mengakui minta maaf kepada keluarga, istri, anak, masyarakat," kata Akbar saat dikonfirmasi.

Apa komentar dan tanggapan Anda dari berita di atas?

Emoticon

© Copyright 2012-2016 LINTASTODAY. All rights reserved